Kamis, 23 Agustus 2012

Zainuddin Nafarin Pembuat Smadav

Zainuddin nafarin pembuat smadav dengan kata lain stc dengan kata lain zai, penemu antivirus lokal smadav adalah murid sekolah menegah umum 2 pahandut palangka raya, kalimantan sedang kelas xi ia 1 yang menciptakan smadav di th. 2006, smadav tercipta bukan hanya dikarenakan ia cinta almamater, tetapi dikarenakan mula-mula ( dengan tidak sengaja ) ia mengetahui visual basic di laboratorium computer sman-2 palangkaraya pada seputar pertengahan th. 2006.

selanjutnya zainuddin nafarin mulai mencoba buat mempelajarinya, dan lebih dari satu bln. seterusnya lahirlah smadav v1. 0. namun dikarenakan kesibukannya kala mengikuti olimpiade matematika, selanjutnya pengembangan smadav dipending sampai di kerjakan pada th. 2008. smadav pertama kali diciptakan di kota palangkaraya, tetapi lokasi pengembangannya tambah banyak mengkonsumsi area di tempat jogjakarta karena kesibukannya kuliah di fakultas pengetahuan computer kampus gadjah mada.

zainuddin sendiri tidak datang dari jawa, zainuddin sendiri asli dari amuntai, kalimantan selatan, dan ia fasih berbahasa banjar. zainuddin tinggal di tempat tepian kota palangkaraya, tepatnya di dalam tempat rimba rawa. tetapi kini rimba itu sebagian besarnya telah dibumihanguskan oleh api-api kebakaran rimba yang bisa saja disengaja oleh manusia, rimba rindang yang dulu kini tidak kelihatan lagi.

smadav mulai zainuddin kembangkan sejak oktober 2006 ( masa itu zainuddin nafarin masih kelas xi atau 2 sma ). sejak ada lebih dari satu temannya yang berharap zainuddin biar membersihkan komputernya dari virus-virus lokal yang menjengkelkan, padahal zainuddin sendiri juga masih cukup awam berkenaan virus lokal masa itu. ada 2 yang membuatnya jengkel di sini, pertama virus lokalnya sendiri. ke dua, zainuddin nafarin perlu datang ke tempat tinggal masing-masing kawan zainuddin nafarin tersebut buat “membantu” membersihkan virus lokal di komputernya dengan manual.

dikarenakan perihal inilah akan tidak pingin perlu akan biar kawan zainuddin nafarin terus terbantu dan zainuddin nafarin tidak repot lagi, sejak selagi itu zainuddin mulai mengembangkan aplikasi smadav.
zainuddin nafarin menamakannya smadav dikarenakan sma zainuddin nafarin yaitu sman-2 palangkaraya, biasa dipanggil smada. jadi, smadav=smada+av ( smada antivirus ). kenapa perlu smada ? dikarenakan zainuddin nafarin baru mulai menyimak programming sejak awal kelas xi ( sejak zainuddin nafarin mendapatkan visual basic di lab smada ) dan apalagi zainuddin nafarin baru miliki computer selagi pertengahan kelas x.

zainuddin nafarin mengembangkan smadav sejak oktober 2006, sampai selanjutnya berhenti di bln. mei 2007 dan baru di mulai lagi saat ini. karena pada mei 2007 zainuddin akan ikuti olimpiade matematika tingkat provinsi masa itu. dan ia berpikir buat sedang ia perlu berkonsentrasi terlebih dulu ke olimpiade. namun dikarenakan zainuddin ( kebetulan ) lolos lagi sampai tingkat nasional, akan tidak pingin zainuddin terus konsentrasi di olimpiade sampai akhir oktober 2007.

sesudah olimpiade berakhir, lagi-lagi zainuddin masih berpikir belum terlalu mungkin buat kembali mengembangkan smadav, karena masa itu zainuddin kembali perlu bersiap buat menghadapi ujian nasional ( dikarenakan ia udah duduk di kelas xii ). zainuddin berpikir sejak awal, ia perlu bersiap-siap buat studi habis-habisan, dikarenakan tidak hanya buat menghadapi un ( yang banyaknya 6 mata pelajaran ) tetapi juga tes masuk kampus. sesudah segalanya berakhir dan ( untungnya ) zainuddin dapat di terima di ugm di jurusan matematika, zainuddin nafarin pikir waktu inilah waktu yang pas buat mengembangkan lagi smadav. biarpun saat ini zainuddin nafarin yaitu mahasiswa dan hanya anak kost, zainuddin nafarin akan mencoba semaksimum bisa saja buat mengembangkan smadav.

smadav nyata sangat membutuhkan cost operasional, riset, hosting, dan banyak cost selainnya. jadi kemungkinan kecil smadav cuma memercayakan smadav free buat terus berkembang. smadav pro juga bedanya tidak sangat banyak dengan smadav free zainuddin nafarin mohon do’a dan sedikit donasi ( seumpama anda mulai terbantu biar smadav terus maju.

zainuddin nafarin masa itu cuma melacak objek yang sangat mengagumkan yang sempat ditemukan teristimewa di bidang matematika. dan zainuddin nafarin putuskan impossible obyek ini jadi icon smadav dikarenakan icon ini mengagumkan biarpun terlalu simple. tetapi warna hijau melambangkan kedamaian, itulah mengapa smadav memakai warna hijau buat semua komponennya juga icon ini. smadav selamanya memakai warna hijau dikarenakan kita indonesia, paru-paru dunia